Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Cianjur dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2010, Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kabupaten Cianjur (Lembaran Daerah Nomor 10 Seri D) dan sesuai Peraturan Bupati Cianjur Nomor 80 Tahun 2016 tentang Tugas Pokok dan Fungsi serta Tata Kerja Unit Kerja Organisasi dikemukakan bahwa Kedudukan dan Tugas Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah sebagai berikut:

  • 1. Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah merupakan unsur penunjang urusan pemerintahan bidang kepegawaian, pendidikan dan pelatihan Aparatur.

  • 2. Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dipimpin oleh Kepala Badan yang berkedudukan dibawah dan bertanggungjawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.


Fungsi Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Cianjur yaitu:

  1. 1. Perumusan Kebijakan badan di Bidang perencanaan, pelaksanaan, pembinaan, evaluasi, dan laporan penyelenggaraan penunjang urusan pemerintahan daerah di bidang kepegawaian, pendidikan dan pelatihan pegawai.

  2. 2. Penyusunan kebijakan teknis di bidang kepegawaian, pendidikan dan pelatihan

  3. 3. Pelaksanaan tugas dukungan teknis di bidang kepegawaian, pendidikan dan pelatihan

  4. 4. Pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan teknis di bidang kepegawaian, pendidikan dan pelatihan

  5. 5. Pembinaan teknis penyelenggaraan fungsi-fungsi penunjang urusan pemerintahan daerah bidang kepegawaian, pendidikan dan pelatihan

  6. 6. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya

Tugas Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Cianjur yaitu membantu Bupati dalam melaksanakan penunjang urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan dibidang kepegawaian, pendidikan dan pelatihan daerah.


Tujuan

Dengan adanya perubahan tujuan di tahun 2019-2021 yaitu "Mewujudkan Birokrasi melalui Peningkatan Kompetensi dan Profesionalisme ASN". Dengan Indikator Tujuan Perangkat Daerah adalah "Indeks Profesionalitas ASN"

Sasaran

Sejalan dengan Reviu RPJMD Kabupaten Cianjur 2016-2021 pada sasaran RPJMD ke 3 (tiga), yaitu Meningkatnya penyelenggaraan tatakelola pemerintahan yang baik, maka Badan Kepegawaian Pendidikan dan pelatihan Daerah Kabupaten Cianjur menetapkan Sasaran dan Indikator sesuai tugas pokok dan fungsi serta nomenklatur bidang yang baru dengan sasaran :

1.) Peningkatan Kualitas Pelayanan di Bidang Kepegawaian, dengan perubahan indikator sasaran yaitu:

  • a. Persentase ASN yang memperoleh Pelayanan Administrasi Kepegawaian dan Pengembangan Karir

  • b. Persentase ASN yang mendapatkan Pembinaan dan Kesejahteraan.

2.) Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur Sipil Negara, dengan perubahan indikator sasaran, yaitu : Persentase ASN yang Lulus dalam Peningkatan Kompetensi melalui Diklat maupun Pendidikan Formal dengan Nilai Baik.