Karis dan Karsu

  • KARIS/KARSU, adalah kartu identitas isteri/suami Pegawai Negeri Sipil dalam arti bahwa pemegangnya adalah isteri / suami sah dari Pegawai Negeri Sipil yang bersangkutan.
  • KARIS/KARSU berlaku selama yang bersangkutan menjadi isteri/suami sah dari Pegawai Negeri Sipil yang bersangkutan.
  • Apabila seorang Pegawai Negeri Sipil berhenti sebagai Pegawai Negeri Sipil tanpa hak pensiun, maka KARIS /KARSU yang telah diberikan kepada isteri/suaminya dengan sendirinya tidak berlaku lagi.
  • Apabila seorang isteri/suami Pegawai Negeri Sipil bercerai, maka KARIS/KARSI yang telah diberikan kepadanya, dengan sendirinya tidak berlaku lagi tetapi apabila ia rujuk/kawin kembali dengan bekas suami/istrinya, maka KARIS/KARSU tersebut dengan sendirinya berlaku kembali.
  • Apabila Pegawai Negeri Sipil berhenti dengan hormat dengan hak pensiun, maka KARIS/KARSU yang telah diberikan kepada isteri / suaminya tetap berlaku, begitu juga apabila Pegawai Negeri Sipil atau pensiunan Pegawai Negeri Sipil meninggal dunia, maka KARIS/KARSU tetap berlaku selama masih ada janda / duda / anak yang berhak atas pensiun. 


DASAR HUKUM

Peratutan Pemerintah No. 45 tahun 1990 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah No. 10 tahun 1983 tentang Izin Perkawinan dan Perceraian PNS.
Surat Edaran Kepala Badan Administrasi Negara Nomor 08/SE/1983 tanggal 26 Maret 1983 tentang Petunjuk Permintaan, Penetapan, Penggunaan Kartu Instri/ Kartu Suami Pegawai Negeri Sipil.


PERSYARATAN

  1. Fotocopy SK CPNS dilegalisir.
  2. Fotocopy SK PNS dilegalisir.
  3. Fotocopy SK Pangkat terakhir dilegalisir.
  4. Fotocopy Surat Nikah dilegalisir.
  5. Fotocopy Kartu Keluarga.
  6. Photo 2 lembar ukuran 2×3.
  7. Surat Keterangan kematian dari Desa bagi yang meninggal.
  8. Surat Akta Cerai apabila sudah berpisah


Formulir isian dari BKN REGIONAL III Bandung.
klik disini untuk mengunduh file >>>>: Formulir Isian KARIS/KARSU


Catatan:

Melampirkan Surat Keterangan Hilang dari Polisi apabila kartu tersebut hilang dan mengisi Formulir Kehilangan dari BKN Reg III Bandung.
klik disini untuk mengunduh file >>>>: Formulir Kehilangan