Sumber Daya Manusia

Peraturan Bupati Cianjur Nomor 50 Tahun 2016  tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, serta Tata Kerja Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Cianjur bahwa kedudukan Badan Kepegawaian Pendiidkan dan Pelatihan Daerah   mengemukakan bahwa BKPPD  Kabupaten Cianjur sebagai salah satu organisasi perangkat daerah yang mempunyai tugas melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang teknis operasional  dalam pengelolaan administrasi kepegawaian, pendidikan dan pelatihan pegawai  sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundangan yang berlaku. Serta menyelenggarakan fungsi dalam melaksanakan penyusunan rencana, pelaksanaan,pembinaan,  evaluasi dan pelaporan  dalam penghelolaan administrasi kepegawaian, pendidikan dan pelatihan pegawai sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Undang-Undang RI  Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara mengamanatkan bahwa Aparatur Sipil Negara merupakann profesi bagi pegawai negeri sipil dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang bekerja pada instansi pemerintah yang harus dikelola dalam wadah manajemen ASN untuk menghasilkan pegawai ASN yang profesional, memiliki nilai dasar, etika profesi , bebas dari intervensi politik, bersih dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme.

Tugas dan Fungsi ASN adalah sebagai pelaksana kebijakan publik yang dibuat oleh Pejabat Pembina Kepegawaian ( Bupati) , pelayan publik yang profesional dan berkulitas serta sebagai  perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Penyiapan sumber daya aparatur yang cakap memang dituntut karena adanya kewajiban pemerintah untuk memberikan pelayanan kebutuhan masyarakat, disamping adanya keharusan untuk mengisi kebutuhan aparatur dengan SDM yang memiliki kemampuan sesuai tugas penyelenggaraan kegiatan pemerintahan. Maka menjadi sangat penting untuk mengetahui kompetensi apa saja yang dibutuhkan demi tercapainya pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat. Untuk mengisi SDM yang memiliki kapasitas dalam melaksanakan tugas-tugas penyelenggaraan kegiatan pemerintah, maka diperlukan beberapa informasi tentang kompetensi apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan suatu pekerjaan baik dalam kapasitas yang memenuhi kinerja rata-rata atau kinerja yang lebih baik. Dengan demikian, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui dimensi kompetensi manajerial yang dibutuhkan dalam menunjang keberhasilan suatu tugas, maka dilanjutkan dengan melakukan penelusuran dari kondisi kompetensi para pemegang jabatan yang ada terhadap dimensi kompetensi tersebut. Sehingga didapat potret seperti kondisi saat ini.

Berdasarkan kebijakan pemerintah daerah bahwa Organisasi Pegawai Republik Indonesia adalah Korp Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) menjadi salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Cianjur.

Untuk meningkatkan peran pegawai Republik Indonesia khususnya aparatur sipil negara agar lebih berdaya guna dan berhasil guna bagi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara, perlu diimbangi dengan peningkatan kesejahteraan pegawai Indonesia dan keluarganya, untuk itu pegawai republik Indonesia dan organisasi KORPRI yang berkedudukan dan kegiatannya tidak terlepas dari kedinasan.

Demi terwujudnya KORPRI sebagai organisasi yang kuat, netral, mandiri, profesional dan terdepan dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, mensejahterakan anggota masyarakat dan melindungi kepentingan para anggota agar lebih profesional di dalam membangun pemerintah yang lebih baik, perlu diadakannya pengenalan organiasi KORPRI dan pembinaan kepada anggota KORPRI dengan tujuan sebagai berikut :

  1. Meningkatkan jiwa korsa sesama anggota KORPRI
  2. Memelihara moral dan etika
  3. Mempunyai Jati Diri
  4. Mengetahui Kode Etik
  5. Mentaati Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga

Sehubungan dengan hal itu, Badan Kepegawaian Pendidikan dan pelatihan Daerah Kabupaten Cianjur mencoba menjawab semua tantangan dalam merencanakan, melaksanakan, membina dan mengevaluasi kinerja aparatur sipil negara dengan merencanakan program kerja terkait manajemen kepegawaian yang diselaraskan dengan Visi dan Misi Bupati terpilih untuk periode tahun 2016 sampai dengan tahun  2021 yang secara teknis operasional dilaksanakan dan diselenggarakan oleh seluruh Bidang sebagai bagian dari organisaasi BKPPD.

Pelaksanaan tugas pokok dan fungsi BKPPD secara optimal sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya ketersediaan SDM yang handal, sarana dan prasarana yang memadai, sistem informasi manajemen kepegawaian, dukungan anggaran yang proporsional, standar pelayanan minimal dan lain sebagainya.

Secara keseluruhan  jumlah personil BKPPD sampai dengan bulan Oktober  Tahun  2016  sebanyak 43 orang dengan komposisi pegawai menurut jenis kelamin berdasarkan kedudukan dalam organisasi. BKPPD adalah sebagaima ditunjukan pada tabel berikut :

 

 

Tabel 2.1

Komposisi Pegawai BKPPD

(status : Bulan Januari Tahun 2017)

 

No

Kedudukan

Komposisi Pegawai

Laki-laki

Perempuan

Jumlah

1

2

3

4

5

1

Kepala

1

 

1

2

Sekretariat

1.    Sekretaris

2.    Kasubag

3.    Staf  Pelaksana PNS

 

1

 

5

 

 

3

3

 

1

3

8

3

Bidang Pengembangan Karier

1.    Kepala Bidang

2.    Kasubid

3.    Staf  Pelaksana

 

1

3

6

 

 

 

2

 

1

3

8

4

Bidang Diklat

1.    Kepala Bidang

2.    Kasubid

3.    Staf  Pelaksana

4.    Fungsional Widyaiswara

 

 

2

3

1

 

1

 

1

 

1

2

4

1

 

5

Bidang Pembinaan dan Kesejahteraan

1.    Kepala Bidang

2.    Kasubid

3.    Staf  Pelaksana

 

 

1

1

1

 

 

1

1

2

 

 

1

2

3

 

JUMLAH

 

 

39

Sumber : BKPPD Kabupaten Cianjur Tahun 2016

Komposisi pegawai BKPPD menurut status kepegawaian sebagimana ditunjukan pada tabel berikut :

 

Tabel 2.2

KOMPOSISI PEGAWAI BKPPD MENURUT STATUS

 

No.

Status

Jumlah

Terbagi Pada

Kepala

Sekretariat

Bid. Bangrir

Bid. Pembinaan dan Disiplin

Bid. Diklat

1.

PNS

39

1

12

12

6

8

2.

CPNS

 

 

 

 

 

 

3.

Non PNS

 

 

 

 

 

 

 

JUMLAH

 

 

 

 

 

 

 Sumber : BKPPD Kabupaten Cianjur Tahun 201

 

Tabel 2.3

KOMPOSISI PEGAWAI BKPPD

MENURUT LATAR BELAKANG PENDIDIKAN TERAKHIR  

 

NO

STATUS

JUMLAH

TERBAGI PADA

Sekretariat

Bid. Diklat

Bid. Pembinaan dan Penghargaan

Bid. Pengembangan Karir

1

S3

-

2

S2

7

2

2

2

1

3

S1

23

8

4

4

7

4

SM/D3

3

1

-

-

2

5

SLTA

6

2

2

-

2

6

SLTP

7

SD

JUMLAH

39

13

8

6

12

 

Visi  :  Profesional Dalam Manajemen Kepegawaian

Misi  :

  1. Meningkatkan Kompetensi Sdm Aparatur Melalui Pendidikan Dan Pelatihan
  2. Meningkatkan Disiplin Dan Kesejahteraan Pegawai
  3. Meningkatkan Tertib Adminsitrasi Pengelolaan Data Kepegawaian
  4. Menyusun Perencanaan Dan Pengembangan Karir Pegawai Yang Obyektif Dan Akurat.